KLASIFIKASI DAN BAGIAN-BAGIAN JALAN

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel. Ruas jalan akan terhubung satu dan lainnya membentuk sistem jaringan.

Klasifikasi Jalan Menuurut Fungsi atau Peranannya
1. Jalan khusus
2. Jalan umum
- Jalan arteri ➜ jarak jauh,kecepatan tinggi, jumlah jalan masuk dibatasi secara koefisien
- Jalan kolektor ➜ jarak sedang, kecepatan sedang, jumlah jalan masuk dibatasi
- Jalan lokal ➜ jarak dekat, kecepatan rendah, jumlah jalan masuk tidak dibatasi
- Jalan lingkungan ➜ jarak dekat, kecepatan rendah

Sistem Jaringan
1. Sistem jaringan primer ➜ pengembangan wilayah tingkat nasional, menghubungkan simpul jasa distribusi berwujud pusat-pusat kegiatan
2. Sistem jaringan sekunder ➜ sistem jaringan jalan dengan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk masyarakat wilayah.

Jalan Umum Berdasarkan Status
1. Jalan nasional ➜ arteri + kollektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan ibu kota provinsi, jalan strategis nasional serta jalan tol.
2. Jalan provinsi ➜ kolektor primer, menghubungkan ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten/kota, antar ibu kota kabupaten dan jalan strategis nasional.
3. Jalan kabupaten ➜ jalan lokal primer, menghubungkan ibu kota kabupaten dengan ibu kota kecamatan, antar ibu kota kecamatan, pusat kegiatan lokal, antar pusat kegiatan lokal, jalan umum dalam sistem jaringan jalan sekunder dan jalan strategis kabupaten.
4. Jalan kota ➜ jalan umum sekunder yang menghubungkan antar pusat pelayanan dalam kota, pusat pelayanan dengan persil, antar persil, antar pusat permukiman di dalam kota.
5. Jalan desa ➜ jalan umum yang menghubungkan kawasan dan/atau antar permukiman di dalam desa, serta jalan lingkungan.

Pengaturan Kelas Jalan
1. Jalan kelas I ➜ jalan arteri dan kolektor yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan MST kurang/sama dengan 10 ton.
2. Jalan kelas II ➜ jalan arteri, kolektor, lokal dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan MST 8 ton dengan lebar kendaraan kurang dari 2500mm.
3. Jalan kelas III ➜ jalan arteri, kolektor, lokal dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan MST 8 ton dengan lebar kendaraan kurang dari 2100mm.
4. Jalan kelas khusus ➜ jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan MST lebih dari 10ton.

PENETAPAN KELAS JALAN (dijelaskan dalam UU No. 22 Tahun 2009)

Bagian-Bagian Jalan
1. Ruang manfaat jalan
Bagian ini meliputi badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya.
2. Ruang milik jalan
Bagian ini meliputi ruang manfaat jalan dan sejalur tanah tertentu diluar ruang manfaat jalan.
3. Ruang pengawasan jalan
Ruang pengawasan jalan merupakan ruang tertentu diluar ruang milik jalan yang ada di bawah pengawasan penyelenggara jalan.

BAGIAN JALAN MENURUT PASAL 11  UU NO. 38 TAHUN 2004


0 Response to "KLASIFIKASI DAN BAGIAN-BAGIAN JALAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel